Selasa, 30 November 2010

Objek Wisata yang sepi...

Tempat-tempat wisata di kawasan Gunung Bromo sepi pengunjung. Kondisi ini terjadi setelah Bromo berstatus awas. Salah satu tempat wisata yang sepi adalah Bukit Penanjakan, Pasuruan, Jawa Timur. Demikian pantauan SCTV, Selasa (30/11) siang.

Dalam kondisi normal, Penanjakan biasanya dipenuhi wisatawan yang ingin melihat langsung keindahan matahari terbit berlatar belakang Bromo. Saat ini hanya terlihat sejumlah warga sekitar yang penasaran ingin melihat kepulan asap dan abu dari kawah Gunung Bromo.

Sementara itu ratusan warga Suku Tengger yang bermukim di Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan menggelar ritual tolak bala. Mereka melakukannya di salah satu pura agung sebagai bagian dari upaya spiritual untuk menanggal segala macam bencana dan malapetaka.

Upacara adat ini dipimpin seorang pemangku atau dukun sempat desa setempat. Selain berdoa bersama mereka juga menyuguhkan sesaji berupa tumpeng dan hasil pertanian kepada penguasa Gunung Bromo.

"Tujuan upacara ini adalah tolak bala dari malapetaka yang nantinya di terima warga Tengger, dalam upacara ini ditujuhkan pada penguasa Bromo yang nantinya apabila memberikan bencana tidak mengenai warga tengger dan selamat," katanya. Ritual diakhiri dengan makan bersama sebagai wujud syukur kepada Sang Hyang Widi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar